Skip to main content

Cara Mengganti Domain Blogspot melalui Idhostinger

Mengganti domain blogspot menjadi domain TLD ( Top Level Domain ) adalah pilihan bagi seorang blogger untuk membuat blognya tampil beda dan tentunya agar terlihat lebih profesional. Selain itu, kebanyakan dari para blogger senior juga mengatakan bahwa menggunakan domain TLD akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari (search engine) seperti google. Oleh karena itu mungkin bagi blogger pemula masih bingung dan mencari-cari bagaimanakah caranya mengganti domain bawaan blogger menjadi dot com , dot info atau yang lainnya bisa menyimak cara mengganti domain blogspot melalui Idhostinger di bawah ini.


Cara Mengganti Domain Blogspot melalui Idhostinger

Berikut adalah langkah-langkah Mengganti Domain Blogspot melalui Idhostinger.

1. Langkah pertama
mendaftarkan nama domain TLD yang sobat inginkan misalnya blogsobat.com pada penyedia nama domain seperti Idhostinger, namecheap dan lain - lain. Namun disini saya memakai domain dari Idhostinger.

2. Langkah kedua
adalah mengganti alamat blogspot menjadi domain yang telah didaftarkan pada Idhostinger. Masuk ke account blogger sobat, pilih Setelan - Dasar. Nah pada bagian "Penerbitan" klik Siapkan URL ke 3 untuk blog anda. Lalu masukkan domain sobat contohnya www.cailaca.xyz, ingat dengan menggunakan www ya, agar tidak terjadi error.

Setelah itu klik tombol "Simpan" nah maka akan muncul pesan "Kami tidak dapat menverifikasi otoritas anda untuk domain ini." namun sobat tak perlu khawatir, memang seperti itu langkahnya. Disana juga terdapat kode unik, jadi setiap blogger tidak akan sama, kode ini akan kita gunakan untuk pengaturan CNAME pada langkah selanjutnya.


Langkah Ketiga
kita kembali ke Idhostinger, pada halaman Domain - pilih DNS Zone Editor - CNAME (Alias). Lalu pilih tambah baru, pada form Host ketikkan "www", pada form "Diarahkan ke" ketikkan "ghs.google.com", pada form TTL pilih yang 1/2 jam kemudian simpan. Ulangi lagi cara barusan untuk memasukkan kode unik milik sobat tadi misalnya pada form Host ketikkan "7yw98mkjir4", pada form "Diarahkan ke" ny7bou9nv1oghdv.googlehosted.com.

Langkah Keempat
adalah memasukkan Ip Google, untuk dapat mengakses alamat tanpa www misalnya cailaca.xyz, sobat harus mengatur A Host.

Pada DNS Zone Editor - pilih A (Host) disini sobat perlu memasukkan Ip Google pada form "Diarahkan ke", yaitu:
    216.239.32.21
    216.239.34.21
    216.239.36.21
    216.239.38.21
      dan pada form "Host" isi dengan nama domain  cailaca.xyz
      Kemudian kembali lagi ke blogger, pada setting url, langsung klik tombol simpan. Tunggulah sekitar 60 menit untuk melihat blog sobat berhasil diakses di domain yang baru. Begitulah "Cara Mengganti Domain Blogspot melalui Idhostinger" semoga tips blogger ini dapat bermanfaat. Dan Jika terjadi kesulitan, silahkan bertanya di kolom komentar.

      Comments

      1. idjas.xyz baru tadi malem saya daftar. gimana caranya order hosting gratisnya dan menghubungkan ke domain saya.

        ReplyDelete
        Replies
        1. wah selamat ya maz idjas, oke caranya nanti akan saya lanjutkkan pada postingan ini, jadi mohon disimak nanti ya

          Delete
        2. Oke sist. Selam kenal ya dari saya. Moga aja kita nantinya bisa saling sharing tentang masalah blog. Tadi malem saya lagi iseng-iseng cari cara buat beli domain gratis xyz ama hosting gratis. Denger-denger ada promo cumak 2000 ribuan. Eh, gak tau nya nyasar dimari. Hebat juga blog ini bisa masuk google, bagi-bagi caranya donk gimana bisa masuk google ? Tak liat-liat postingannya kamu masih ada satu ya. Terus gue buru-buru deh daftarin padahal udah malem lagi, ampek bela-belain ke ATM juga. Soalnya kata kamu batas waktu gratisnya cumak sampai 28 desember 2015. Mepet banget dah tadi malem tanggal 27. Untung banget nemu blog kamu. Dan masih sempet ane daftarin. Klau tidak pasti gue nyesel banget. :( arggggggk
          Kalau ada info baru yang menarik semacam kayak gini jangan segan-segan kabari saya ya.

          Tapi skrng website saya sudah jadi kok tadi pagi. Pakai domain dan hosting gratis id hostinger. Nanti kalau website ane rame, insya allah hostingnya ane upgare ke berbayar. Sensasinya beda banget pakai cms wordpress.org. Saya mulai jatuh cinta ama wordpress self hosting. Themes nya keren2. Gak ngebosenin.

          Ngomong-ngomong kamu pakai hosting gratis idhostinger atau masih pakai blogspot ya ? kok diatas caranya untuk blogspot.

          Oh ya sist, sedikit saran. Blog kamu kok gak bisa aku komen lewat hp. Ane kepaksa pakai laptop ini cumak buat komentar disini. Mkasih sist.

          Delete
        3. iya salam kenal juga :) ,aamiin mudah-mudahan selalu diberi kesempatan untuk bercakap-cakap tentang blog, karena saya juga masih belajar kok. Untuk masalah langsung masuk ke google, saya sendiri juga heran karena baru kali ini, bedanya yang sekarang karena memakai domain TLD.

          Siap kalau ada info menarik akan saya bagi sama Maz Idjaz. Iya cara diatas untuk mengalihkan domain blogspot ke domain .xyz , walau ebenarnya saya juga pengen memakai wordpress tapi belum mengerti betul jadinya sekarang memakai blogspot dulu.

          Oh benarkah? ok nanti coba tak perbaiki lagi, terima kasih banyak ya Maz Idjas

          Delete
        4. kenapa ya kok aku mau ke blog ini. sering error.
          ayok sist, nyobaik pakai hosting. enak loh pakai wordpress

          Delete
        5. iya masih diperbaiki maz idjas, mungkin nanti nyobain pakai wordprss. Sekarang masih fokus di blogger dulu, soalnya masih banyak yang harus dipelajari.

          Delete

      Post a Comment

      Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel diatas. Terima kasih

      Popular posts from this blog

      Cara Submit Blog Dan Sitemap di Google Search Console

      Submit Blog Dan Sitemap di Google Search Console - Mendaftarkan blog serta men-submit sitemap pada Google Webmaster Tool atau yang kini dikenal dengan Google Search Console adalah langkah optimasi agar blog dapat diketahui oleh mesin pencari google. Blog yang tidak di daftarkan di GSC akan sulit terindeks. Sama halnya dengan men-submit sitemap sangat penting karena ibarat sebuah rumah, blog merupakan sebuah nama, sedangkan sitemap adalah alamat rumahnya. Pengertian Sitemap atau Peta Situs adalah tempat file yang mencantumkan laman situs web milik kita secara keseluruhan. Yang nantinya akan kita kirimkan ke mesin pencari Google agar dapat mempelajari tentang organisasi konten situs. Kemudian Googlebot akan berjalan dengan merayapi situs web kita dengan cepat. Cara Submit Blog Dan Sitemap di Google Search Console Google Search Console merupakan sebuah tempat yang dimiliki oleh Google untuk mengatur dan melihat aktifitas sebuah blog. Mulai dari lalu lintas penelusuran, indeks, mas

      Cara Membuat Rekening Online Paypal dengan Mudah dan Cepat

      Membuat akun paypal (alat pembayaran online yang mempunyai banyak manfaat serta memiliki keamanan yang cukup tinggi) memang sangat dibutuhkan untuk melakukan transaksi secara online. Alasan kenapa membuat paypal ialah karena kita membutuhkan alat pembayaran yang cepat sekaligus mudah digunakan. Apalagi di zaman sekarang ini, semua serba berjalan cepat dan apapun bisa kita lakukan secara online. Misalnya saja untuk keperluan blog atau website seperti membeli domain, menyewa paket hosting dan membeli themes premium. Ada juga yang menggunakan paypal ini untuk menarik uang dari hasil menjalankan bisnis online seperti mengikuti program PPC (Pay Per Click) , PTC (Pay To Click) , survey online, program affiliasi atau dari penghasilan dari pemendek url (URL Shortener) . Setelah mendengar manfaat dari paypal ini, tidak sedikit orang – orang yang baru mengenal atau pemula yang tertarik untuk segera membuat akun alat pembayaran ini. Bagi yang ingin membuat tetapi ragu karena berfikir sulit,