Skip to main content

Cara Submit Blog Dan Sitemap di Google Search Console

Submit Blog Dan Sitemap di Google Search Console - Mendaftarkan blog serta men-submit sitemap pada Google Webmaster Tool atau yang kini dikenal dengan Google Search Console adalah langkah optimasi agar blog dapat diketahui oleh mesin pencari google. Blog yang tidak di daftarkan di GSC akan sulit terindeks. Sama halnya dengan men-submit sitemap sangat penting karena ibarat sebuah rumah, blog merupakan sebuah nama, sedangkan sitemap adalah alamat rumahnya.

Pengertian Sitemap atau Peta Situs adalah tempat file yang mencantumkan laman situs web milik kita secara keseluruhan. Yang nantinya akan kita kirimkan ke mesin pencari Google agar dapat mempelajari tentang organisasi konten situs. Kemudian Googlebot akan berjalan dengan merayapi situs web kita dengan cepat.

Cara Submit Blog Dan Sitemap di Google Search Console

Google Search Console merupakan sebuah tempat yang dimiliki oleh Google untuk mengatur dan melihat aktifitas sebuah blog. Mulai dari lalu lintas penelusuran, indeks, masalah perayapan dan lain - lain. Penting sekali mendaftarkan blog kita ke GSC ini, karena Google merupakan mesin pencari terbesar otomatis penggunanya juga sangat luas. Jadi jika blog kita terindeks dengan mudah oleh google, maka peluang pengunjung blog juga semakin banyak.

Berikut ini adalah langkah-langkah mendaftkan blog dan mensubmit sitemap pada google search console atau google webmaster tool.

1. Kunjungi laman Google Search Console di https://www.google.com/webmasters/tools/

2. Maka akan tampil Dasbor Google Search Console, lalu pilih tombol "Tambahkan Properti" berwarna merah di posisi kanan atas.


tambahkan properti - Google Seach Console
3. Lalu masukkan alamat blog yang ingin didaftarkan, contohnya cailaca.blogspot.com setelah selesai klik tombol "terus". Maka blog tersebut akan muncul di beranda.

4. Pilih dan klik nama blog tersebut, agar masuk ke pengaturan lebih lanjut. Lalu cari Peta Situs di menu Perayapan.

Peta Situs - Google Seach Console

5. Kemudian lihat di bagian atas paling kanan "TAMBAHKAN / UJI PETA SITUS" klik tombol tersebut. Lalu ketikkan sitemap.xml pada kotak yang disediakan lalu tekan "Submit Sitemap".

6. Lalu reflesh browser untuk melihat rincian peta situs.

Jika sudah berarti blog tersebut telah berhasil didaftarkan sekaligus men-submitnya di Google Search Console. Semoga langkah-langkah Cara Submit Blog Dan Sitemap di Google Search Console ini dapat dimengerti dengan baik dan dapat membantu anda.

Comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel diatas. Terima kasih

Popular posts from this blog

Cara Membuat Rekening Online Paypal dengan Mudah dan Cepat

Membuat akun paypal (alat pembayaran online yang mempunyai banyak manfaat serta memiliki keamanan yang cukup tinggi) memang sangat dibutuhkan untuk melakukan transaksi secara online. Alasan kenapa membuat paypal ialah karena kita membutuhkan alat pembayaran yang cepat sekaligus mudah digunakan. Apalagi di zaman sekarang ini, semua serba berjalan cepat dan apapun bisa kita lakukan secara online. Misalnya saja untuk keperluan blog atau website seperti membeli domain, menyewa paket hosting dan membeli themes premium. Ada juga yang menggunakan paypal ini untuk menarik uang dari hasil menjalankan bisnis online seperti mengikuti program PPC (Pay Per Click) , PTC (Pay To Click) , survey online, program affiliasi atau dari penghasilan dari pemendek url (URL Shortener) . Setelah mendengar manfaat dari paypal ini, tidak sedikit orang – orang yang baru mengenal atau pemula yang tertarik untuk segera membuat akun alat pembayaran ini. Bagi yang ingin membuat tetapi ragu karena berfikir sulit,

Cara Mengganti Domain Blogspot melalui Idhostinger

Mengganti domain blogspot menjadi domain TLD ( Top Level Domain ) adalah pilihan bagi seorang blogger untuk membuat blognya tampil beda dan tentunya agar terlihat lebih profesional. Selain itu, kebanyakan dari para blogger senior juga mengatakan bahwa menggunakan domain TLD akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari (search engine) seperti google. Oleh karena itu mungkin bagi blogger pemula masih bingung dan mencari-cari bagaimanakah caranya mengganti domain bawaan blogger menjadi dot com , dot info atau yang lainnya bisa menyimak cara mengganti domain blogspot melalui Idhostinger di bawah ini.   Cara Mengganti Domain Blogspot melalui Idhostinger Berikut adalah langkah-langkah Mengganti Domain Blogspot melalui Idhostinger. 1. Langkah pertama mendaftarkan nama domain TLD yang sobat inginkan misalnya blogsobat.com pada penyedia nama domain seperti Idhostinger, namecheap dan lain - lain. Namun disini saya memakai domain dari Idhostinger. 2. Langkah kedua adalah meng