Skip to main content

Cara Membuat Blog Baru Gratis Di Blogger

Mari kita belajar dan mengetahui caranya membuat blog yang gratis di blogger. Namun sebelum itu sebaiknya kita mengetahui dulu apa yang dimaksud dengan blog ini. Blog merupakan kependekan dari web log yang artinya sebuah aplikasi dalam bentuk web yang mewadahi artikel ataupun tulisan-tulisan yang berurutan dimulai dari yang terbaru hingga yang paling lama. Pengguna dari blog ini setiap hari terus meningkat apalagi memang cara membuatya juga cukup mudah dan cepat. Jadi tidak heran kalau sekarang ini para blogger pemula kian membanjiri dunia perbloggeran ini.

#Tujuan Dari Membuat Blog
Sebelum sobat memulai untuk membuat blog di blogger.com perlu diperhatikan apa tujuan dari pembuatan blog tersebut. Pasalnya banyak sekali blogger pemula yang tidak mempunyai tujuan dalam melahirkan blognya. Alhasil juga nanti di tengah jalan terkadang mereka tidak konsisten dengan artikel yang dibuatnya, ada juga yang sampai blognya tidak terurus dikarenakan tidak tahu lagi harus diapakan blog miliknya itu.

Ada 2 platform yang paling populer untuk membuat blog secara gratis yaitu blogger.com dan wordpress. Kedua platform ini tentunya mempunyai fitur dan kelebihan yang berbeda namun kelebihan dari blogger.com ialah produk dari google yang kita kenal dengan mesin pencari nomer 1 didunia. Untuk  kelebihan dari worpress mungkin nanti saya akan bagikan di waktu yang berikutnya.

Buatlah tema untuk blog sobat!
ada banyak sekali tema yang telah dipilih oleh para blogger saat ini mulai dari yang bertema seputar informasi blogger, internet, komputer, desain, pendidikan dan masih banyak sekali yang lainnya. Pilihlah yang sekiranya sobat kuasai dan sangat diminati serta untuk dipelajari agar tidak terjadi kesulitan dalam menulis artikelnya. Namun banyak juga para blogger yang mengambil banyak tema dalam blognya itu jika sobat mampu membuat artikel dengan banyak tema, blog yang seperti ini biasanya disebut dengan blog gado-gado (semua ada dalam satu blog).

Carilah beberapa pilihan judul dan alamat blog yang ingin sobat buat!
Meskipun hal ini dapat sobat buat langsung ketika mendaftar di blogger, tetapi alangkah baiknya kalau dipersiapkan sebelum itu. Agar ketika blog sobat berhasil dibuat bisa menambah passion dalam memulai menulis dan membangunnya. Cari yang sekiranya paling sobat sukai dan usahakan akan selalu teringat dibenak sobat :). Namun sedikit tips usahakan judul dan alamat blog tersebut berhubungan dengan tema yang akan sobat buat tetapi ini tidak wajib.

Mari Kita Membuat Blog Gratis di Blogger.com

berikut ini adalah langkah-langkah yang sudah tersusun secara berurutan untuk memulai membuat blog baru bagi para pemula.

1. Membuat Email di Gmail.

Kenapa harus memakai Gmail untuk mendaftar di blogger? itu karena persyaratan yang mengharuskan kita untuk memakai gmail. Karena Blogger itu salah satu dari produk google yang otomatis kita dapatkan ketika selesai mendaftar akun gmail. Jadi ketika sobat berhasil mendaftar gmail maka akan memiliki akses ke blogger dan produk google yang lain seperti youtube, google play dan lain sebagainya. Cara mendaftarnya tidak saya jelaskan disini karena sebelumnya telah dibahas pada postingan sebelumnya. Namun sobat bisa langsung mengaksesnya pada link di bawah ini.

2. Kunjungi alamatnya di www.blogger.com 
Dalam tahap ini sobat sudah memiliki akun gmail dan akan tampil halaman yang memerlukan alamat email serta password gmail yang sudah dibuat tadi. Masukkan dengan dengan benar dan secara teliti ya sob kemudian klik tombol "masuk".

Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger
3. Klik tombol "Blog baru" di Dasbor Blogger.
Setelah sobat berhasil masuk maka akan dibawa ke tampilan blogger, lihat pada bagian atas sebelah kiri ada tombol berwarna orange yang bertuliskan "Blog Baru" lalu klik tombol tersebut.
Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger
4. Beri nama judul dan alamat blog.
Setelah diawal saya katakan untuk mempersiapkan beberapa piliha judul dan alamat blog sobat, kini saatnya untuk mulai memasukkannya di tampilan berikut.

Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger

Keterangan 
  • Judul : isi dengan judul yang sudah dipersiapkan tadi, nama judul yang sesuai dengan tema akan semakin mudah terindeks di pencarian google. Untuk judul blog tersebut masih bisa diganti kapan saja.
  • Alamat : isi dengan alamat yang sudah disiapkan, sama dengan judul jika sesuai dengan tema akan berpengaruh terhadap indeks google. Namun jika alamat yang sobat isikan tadi sudah dimiliki oleh seseorang maka akan muncul pemberitahuan bahwa alamat tersebut tidak tersedia. Jadi gantilah dengan pilihan alamat blog yang lain.
  • Template : sobat bisa memilih template bawaan blogger yang telah disediakan dengan banyak pilihan disana, namun bila tidak menemukan yang cocok nanti bisa diganti kok dengan template -template yang kini semakin bagus dengan banyak fitur menarik. Sobat bisa mencarinya di google atau saat ini yang sedang booming pengembang dan creator template dari indonesia yaitu Arlina Desain coba cari disitu karena templatenya bagus-bagus.

Setelah itu klik tombol "Buat blog" dan selamat blog sobat sudah jadi. Sekarang waktunya sobat untuk memulai aktifitas blogging dan mulailah untuk menulis artikel pertamanya. Selamat menjadi seorang blogger dan rajinlah menulis wahai sobat blogger dimanapun kalian berada. Akhir kata semoga tutorial "Cara Membuat Blog Baru Gratis Di Blogger" yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi semuanya, salam dan terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Submit Blog Dan Sitemap di Google Search Console

Submit Blog Dan Sitemap di Google Search Console - Mendaftarkan blog serta men-submit sitemap pada Google Webmaster Tool atau yang kini dikenal dengan Google Search Console adalah langkah optimasi agar blog dapat diketahui oleh mesin pencari google. Blog yang tidak di daftarkan di GSC akan sulit terindeks. Sama halnya dengan men-submit sitemap sangat penting karena ibarat sebuah rumah, blog merupakan sebuah nama, sedangkan sitemap adalah alamat rumahnya. Pengertian Sitemap atau Peta Situs adalah tempat file yang mencantumkan laman situs web milik kita secara keseluruhan. Yang nantinya akan kita kirimkan ke mesin pencari Google agar dapat mempelajari tentang organisasi konten situs. Kemudian Googlebot akan berjalan dengan merayapi situs web kita dengan cepat. Cara Submit Blog Dan Sitemap di Google Search Console Google Search Console merupakan sebuah tempat yang dimiliki oleh Google untuk mengatur dan melihat aktifitas sebuah blog. Mulai dari lalu lintas penelusuran, indeks, mas

Cara Membuat Rekening Online Paypal dengan Mudah dan Cepat

Membuat akun paypal (alat pembayaran online yang mempunyai banyak manfaat serta memiliki keamanan yang cukup tinggi) memang sangat dibutuhkan untuk melakukan transaksi secara online. Alasan kenapa membuat paypal ialah karena kita membutuhkan alat pembayaran yang cepat sekaligus mudah digunakan. Apalagi di zaman sekarang ini, semua serba berjalan cepat dan apapun bisa kita lakukan secara online. Misalnya saja untuk keperluan blog atau website seperti membeli domain, menyewa paket hosting dan membeli themes premium. Ada juga yang menggunakan paypal ini untuk menarik uang dari hasil menjalankan bisnis online seperti mengikuti program PPC (Pay Per Click) , PTC (Pay To Click) , survey online, program affiliasi atau dari penghasilan dari pemendek url (URL Shortener) . Setelah mendengar manfaat dari paypal ini, tidak sedikit orang – orang yang baru mengenal atau pemula yang tertarik untuk segera membuat akun alat pembayaran ini. Bagi yang ingin membuat tetapi ragu karena berfikir sulit,

Cara Mengganti Domain Blogspot melalui Idhostinger

Mengganti domain blogspot menjadi domain TLD ( Top Level Domain ) adalah pilihan bagi seorang blogger untuk membuat blognya tampil beda dan tentunya agar terlihat lebih profesional. Selain itu, kebanyakan dari para blogger senior juga mengatakan bahwa menggunakan domain TLD akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari (search engine) seperti google. Oleh karena itu mungkin bagi blogger pemula masih bingung dan mencari-cari bagaimanakah caranya mengganti domain bawaan blogger menjadi dot com , dot info atau yang lainnya bisa menyimak cara mengganti domain blogspot melalui Idhostinger di bawah ini.   Cara Mengganti Domain Blogspot melalui Idhostinger Berikut adalah langkah-langkah Mengganti Domain Blogspot melalui Idhostinger. 1. Langkah pertama mendaftarkan nama domain TLD yang sobat inginkan misalnya blogsobat.com pada penyedia nama domain seperti Idhostinger, namecheap dan lain - lain. Namun disini saya memakai domain dari Idhostinger. 2. Langkah kedua adalah meng