Skip to main content

Cara Mendaftar Gmail Mudah Dan Cepat

Membuat email ( elektronik mail ) sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kita yang beraktifitas di dunia maya. Pengertian email sendiri adalah suatu surat elektronik yang dapat diakses dengan menggunakan jaringan internet dimana kita bisa saling berkirim email serta menerima email dari orang lain. Manfaat email bagi kita sangatlah penting dan dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan teman jauh, kerabat ataupun kenalan di dunia maya. Selain itu juga email juga dapat digunakan untuk mendaftar berbagai akun media sosial seperti facebook dan twitter, juga dapat digunakan untuk mendaftar rekening online seperti paypal dan payza dan mendaftar akun-akun lainnya. Sebagian besar dari situs - situs tersebut mengharuskan kita untuk memakai alamat email ketika kita ingin melakuka login atau masuk ke dalam situs itu.

Sudah tahukah sobat tentang sejarah email? ternyata email ini mulai dibuat sejak tahun 1960an dan hanya sebuah kumpulan mainframe yang terbentuk sebagai jaringan. Email mulai dikenal serta digunakan sekitar tahun 1980. Lumayan lama kalau kita sekarang memasuki tahun ini kan.

Mengapa Kita Mendaftar Email Baru di Gmail ?

Alasan pertama karena seperti yang kita ketahui bahwa membuat akun email di gmail ini tidak membayar (gratis). Selain itu juga tampilan yang disuguhkan tidak sulit dan mudah untuk dioperasikan untuk semua kalangan. Dan yang paling penting dan kelebihan yang tak dimiliki oleh email lainnya ialah dengan mendaftar email baru di gmail maka sobat akan memiliki beberapa konten yang terintegrasi dengan google. Jadi ketika kita memiliki akun gmail maka secara otomatis juga memiliki akses kepada produk - produk google lainnya. Apa saja produk-produk tersebut, diantaraya seperti youtube, google maps dan lain-lain. Sobat akan mengetahui semuanya setelah berhasil mendaftar gmail.

Cara Mendaftar Gmail Baru.
  1. Langkah pertama masuk ke website resminya di www.gmail.com.
  2. Kemudian pilih dan klin "Buat Akun" maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
    Cara Mendaftar Gmail Mudah Dan Cepat

  3. Lalu isi semua form atau kolom dengan identitas sobat.
    1. Nama : Terdiri dari 2 kolom isilah nama depan dan nama belakang sobat, misalnya Andy Wira Raja dalam kolom 1 diisi "Andi" dan kolom 2 "Wira Raja".
    2. Pilih Nama Pengguna Anda : isilah nama email yang sobat inginkan misalnya saja "andywiraraja@gmail.com namun bila nama yang sobat inginkan sudah dipakai orang lain maka buatlah yang sekiranya unik dan belum pernah dipakai oleh orang lain contohnya saja "andywr33@gmail.com.
    3. Buat Sandi : isilah kata sandi yang sobat inginkan, usahakan untuk membuat kata sandi yang rumit namun tetap bisa diingat dengan mengunakan huruf besar dan kecil serta kombinasi angka dan simbol contohnya "aKuInc1nt4".
    4.  Konfirmasi Sandi Anda : ketikkan ulang kata sandi yang sobat buat.
    5. Tanggal Lahir : ketik tanggal bulan dan tahun lahir sobat.
    6. Gender : pilihlah gender yang sesuai dengan sobat laki-laki atau perempuan.
    7. Ponsel : masukkan nomor ponsel yang sobat punya, usahakan untuk nomor yang sering dipakai karena ini berguna untuk verifikasi di tahap selanjutnya.
    8. Email Anda Saat Ini : jika sobat memiliki akun email yang lain bisa memasukkannya dikolom ini, namun jika tidak punya biarkan kosong.
    9. Buktikan Bahwa Anda Bukan Robot : masukkan kode unik yang ditampilkan pada kolom "Ketik Text" lalu klik centang pada kotak kecil yang menyatakan "Saya menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi google". 
  4.  Klik tombol "Langkah berikutnya."
  5.  Setelah itu maka halaman akan berpindah dan dihalaman ini sobat diminta untuk mengupload foto profil. Jadi siapkan foto yang sobat inginkan lalu upload namun jika ingin melewati langkah ini bisa langsung menekan tombol "Langkah Berikutnya". Nah proses pendaftaran akun gmail telah selesai, sobat bisa langsung menekan tombol "continue to gmail" untuk melihat tampilan gmail yang sobat miliki.
Jika diminta kode verifikasi, biasanya akan dikirim lewat sms. Setelah sobat menerima kode tersebut lalu ketik di kolom verifikasi. Gunanya dari verifikasi ini untuk membuat akun gmail sobat aman.
Sekarang sobat bisa memulai untuk mengirim pesan kepada siapapun dan bisa juga menggunakan email tersebut untuk mendaftar facebook, twitter, instagram, linkdln atau situs upload seperti mediafire dan lain sebagainya. Sobat juga bisa langsung menggunakan produk google lainnya seperti youtube, google maps, calender, google play dan masih banyak yang lainnya.

Itulah cara mendaftar gmail mudah dan cepat yang dapat saya bagikan kepada sobat, semoga tutorial sederhana ini dapat dimengerti dengan baik dan bisa bermanfaat bagi sobat semua.
Terima kasih banyak

Comments

Popular posts from this blog

Cara Submit Blog Dan Sitemap di Google Search Console

Submit Blog Dan Sitemap di Google Search Console - Mendaftarkan blog serta men-submit sitemap pada Google Webmaster Tool atau yang kini dikenal dengan Google Search Console adalah langkah optimasi agar blog dapat diketahui oleh mesin pencari google. Blog yang tidak di daftarkan di GSC akan sulit terindeks. Sama halnya dengan men-submit sitemap sangat penting karena ibarat sebuah rumah, blog merupakan sebuah nama, sedangkan sitemap adalah alamat rumahnya. Pengertian Sitemap atau Peta Situs adalah tempat file yang mencantumkan laman situs web milik kita secara keseluruhan. Yang nantinya akan kita kirimkan ke mesin pencari Google agar dapat mempelajari tentang organisasi konten situs. Kemudian Googlebot akan berjalan dengan merayapi situs web kita dengan cepat. Cara Submit Blog Dan Sitemap di Google Search Console Google Search Console merupakan sebuah tempat yang dimiliki oleh Google untuk mengatur dan melihat aktifitas sebuah blog. Mulai dari lalu lintas penelusuran, indeks, mas

Cara Membuat Rekening Online Paypal dengan Mudah dan Cepat

Membuat akun paypal (alat pembayaran online yang mempunyai banyak manfaat serta memiliki keamanan yang cukup tinggi) memang sangat dibutuhkan untuk melakukan transaksi secara online. Alasan kenapa membuat paypal ialah karena kita membutuhkan alat pembayaran yang cepat sekaligus mudah digunakan. Apalagi di zaman sekarang ini, semua serba berjalan cepat dan apapun bisa kita lakukan secara online. Misalnya saja untuk keperluan blog atau website seperti membeli domain, menyewa paket hosting dan membeli themes premium. Ada juga yang menggunakan paypal ini untuk menarik uang dari hasil menjalankan bisnis online seperti mengikuti program PPC (Pay Per Click) , PTC (Pay To Click) , survey online, program affiliasi atau dari penghasilan dari pemendek url (URL Shortener) . Setelah mendengar manfaat dari paypal ini, tidak sedikit orang – orang yang baru mengenal atau pemula yang tertarik untuk segera membuat akun alat pembayaran ini. Bagi yang ingin membuat tetapi ragu karena berfikir sulit,

Cara Mengganti Domain Blogspot melalui Idhostinger

Mengganti domain blogspot menjadi domain TLD ( Top Level Domain ) adalah pilihan bagi seorang blogger untuk membuat blognya tampil beda dan tentunya agar terlihat lebih profesional. Selain itu, kebanyakan dari para blogger senior juga mengatakan bahwa menggunakan domain TLD akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari (search engine) seperti google. Oleh karena itu mungkin bagi blogger pemula masih bingung dan mencari-cari bagaimanakah caranya mengganti domain bawaan blogger menjadi dot com , dot info atau yang lainnya bisa menyimak cara mengganti domain blogspot melalui Idhostinger di bawah ini.   Cara Mengganti Domain Blogspot melalui Idhostinger Berikut adalah langkah-langkah Mengganti Domain Blogspot melalui Idhostinger. 1. Langkah pertama mendaftarkan nama domain TLD yang sobat inginkan misalnya blogsobat.com pada penyedia nama domain seperti Idhostinger, namecheap dan lain - lain. Namun disini saya memakai domain dari Idhostinger. 2. Langkah kedua adalah meng